Telkomgroup percepat pemulihan jaringan komunikasi di Palu

Jakarta (ANTARA News) – Operator Telkomsel terus berupaya memulihkan layananan telekomunikasi akibat gempa bumi berkekuatan 7.7 SR yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada hari Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB.

“TelkomGroup dan Telkomsel telah mengirimkan bantuan tim teknis untuk mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi TelkomGroup dari dan menuju Palu,” kata GM External Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin, kepada Antara News, di Jakarta, Jumat malam.

Menurut Denny, saat ini layanan komunikasi suara didukung dengan menggunakan sistem komunikasi radio Telkom Group, dimana layanan komunikasi di wilayah gempa tersebut mengalami penurunan kualitas layanan akibat terputusnya pasokan Listrik PLN.

Tim teknis tengah berupaya maksimal dengan membawa mobile power sebagai perangkat penunjang catuan listrik untuk keperluan proses recovery infrastruktur jaringan komunikasi.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi,” ujar Denny.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan pascagempa bumi magnitudo 7,7 SR di Donggala Sulawesi Tengah, terpantau tsunami dengan ketinggian hingga 1,5 meter di Palu.

Hasil pengamatan ada kenaikan air muka laut mulai dari 6 cm dari tide gauge di Mamuju pada pukul 17.27 WIB dan terpantau dari saksi mata di lapangan mencapai 1,5 meter di pantai Palu.

BMKG juga memperbarui atau melakukan pemutakhiran data gempa bumi menjadi magnitudo 7,4 SR pada 0.20 LS 119 BT pada kedalaman 11 kilometer.

Berdasarkan permodelan BMKG, gempa bumi menimbulkan tsunami dengan level siaga ketinggian lebih dari 50 cm hingga maksimum 3 meter yang diperkirakan tiba pada pukul 17.22 WIB.*

Baca juga: BMKG masih kehilangan kontak dengan Donggala

Baca juga: BNPB: Tsunami terjang Pantai Talise Paludan Donggala

 

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link