Ridwan Kamil Bakal Wajibkan Industri Bangun Rusun untuk Buruh

ce7a4900 bcd1 46de abc4 c4b28208a5f2 169 - Ridwan Kamil Bakal Wajibkan Industri Bangun Rusun untuk Buruh




Bandung
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan membuat sebuah aturan untuk memberi akses berbagai layanan bagi buruh di Jabar. Mulai dari akses rumah hingga memberi subsidi transportasi bagi para buruh.

“Kita akan bikin Pergub (Peraturan Gubernur) tentang program buruh juara dimana kita wajibkan industri itu membangun rumah susun dekat pabrik sehingga buruh tinggal enggak usah terlalu jauh tidak mahal di ongkos, kan rumahnya di situ,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/10/2018).

Kemudian dia juga ingin ada sekolah yang dibangun di sekitar pusat-pusat industri. Sehingga teknologi canggih yang ada di industri bisa diajarkan di sekolah-sekolah tersebut.


“Sekolah juga di pusat industri. Pusat industri nanti kita wajibkan membuat sekolah sehingga teknologi yang tercanggih di industri bisa diajarkan kepada warga di situ. Karena sekarang SMK ini sumber pengangguran ternyata karena teknologinya juga jadul,” ucap dia.

Selain itu, pihaknya juga ingin menyiapkan subsidi untuk transportasi buruh. Hal ini, kata dia, masih dalam kajian agar bisa diimplementasikan ke depannya.

“Ada subsidi transportasi untuk buruh sedang dikaji dan sembako online untuk buruh juga bisa lebih sejahtera dengan digital ini,” ujar Emil.

(mso/mud)


Source link

Komentar