Polisi siapkan rekayasi lalu lintas saat upacara pembukaan Asian Para Games

Jakarta (ANTARA News) – Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan saat upacara pembukaan  Asian Para Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada tanggal 6 Oktober mendatang.

“Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat Opening Ceremony Asian Para Games 2018,” ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, di Jakarta, Jumat.

Budiyanto mengatakan pihaknya mengerahkan 1.677 personel untuk mengamankan acara festival olahraga se-Asia yang melibatkan atlet difabel tersebut.

Ada tujuh rute pengalihan arus, rute pertama dari jalan layang (Fly Over) Senayan. Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Sementara kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda. 

Rute kedua dari pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan. Jalan yang melalui pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan akan ditutup. Kendaraan dari arah Bundaran Senayan akan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Senayan ditutup. 

Rute ketiga berada di Jalan Hang Lekir. Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya. 

Rute keempat di perempatan Patal Senayan. Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan dua atau Permata Hijau. 

Rute kelima Simpang Palmerah. Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di Simpang Palmerah menuju ke arah Jalan Tentara Pelajar – Permata Hijau. Rute keenam yaitu di pertigaan jalan tentara pelajar. Kendaraan yang datang dari Simpang Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar. 

Rute ketujuh pertigaan jalan Hang Lekir. Kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah Simpang Pakubuwono maupun arah sebaliknya. 

Sedangkan untuk kantong parkir, pengunjung dapat menggunakan parkir di Senayan City, Gedung MPR/DPR RI, Manggala Wanabakti, Parkir Lot 17 Sudirman Central Busines District (SCBD), Hotel Mulia dan Hotel Fairmont (bersamaan ada kegiatan pernikahan), Plaza Senayan, Ratu Plaza, Panin Bank, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Asian Para Games digelar di Jakarta dari tanggal 6-13 Oktober dan telah melakukan beberapa persiapan untuk acara pembukaan.

Uniknya, upacara pembukaan Asian Para Games akan diramaikan dengan kehadiran instalasi komodo raksasa yang dibawakan oleh Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC). 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link