Panglima koordinasi dengan Pemda Balikpapan untuk tangani korban gempa Palu

Jakarta (ANTARA News) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengaku akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Balikpapan, Kalimantan Timur dalam rangka penanggulangan bencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah. 

“Hari ini saya kordinasi dengan pemerintah daerah Balikpapan soal penanggulangan bencana gempa dan meminta agar Balikpapan bisa menjadi  tempat penampungan bagi para korban yang sakit,” kata Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa. 

Selama ini, lanjut Hadi, korban gempa bumi di Palu dan Donggala yang mengalami luka-luka dikirim ke rumah sakit yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Hari ini kita akan minta agar korban gempa bisa dikirim ke Balikpapan,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini. 

Begitu juga soal dukungan logistik, tambah Panglima TNI, pihaknya akan mendorong bantuan dari Balikpapan dan Makassar. 

Sementara itu, TNI AU sendiri kembali menerbangkan pesawat angkutnya ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa tektonik 7,4 SR, melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Empat Pesawat TNI AU tersebut yaitu CN 295 A-2901 mengangkut 30 personel TNI AU dan Ransum 13 koli,  Hercules C-130 A 1316 mengangkut 100 personel Brimob, satu mesin genset dan Ransum T2 30 Koli dari Babek TNI.

Sedangkan Pesawat Hercules C-130 A-1318 mengangkut 25 personel dari Mabes TNI dan Setneg serta 1.500 sembako, 5.000 nasi box dari Sekretariat Kepresidenan; 196 kg peralatan satelit Telkom dan BRI; 635 kantong mayat dari Kemenkes RI; 20 kg obat-obatan, tenda, beberapa tas koper dan 40 kg mie instan dari Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, pesawat Boeing A-7303 mengangkut 9 personel yaitu 5 Paskhas, 1 Kesehatan, 3 dari sipil dan membawa 250 kg susu dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Selanjutnya, Pesawat Hercules TNI AU C -130 A-1318 tiba di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin Paban 3 Latgab/Ops TNI Kolonel Inf Agus. Kemudian Barang tersebut akan diserahkan kepada Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita dan selanjutnya akan di distribusikan ke daerah-daerah yang terkena bencana Alam.

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link