Mendagri Imbau Korban Gempa Palu Gotong Royong Soal Makanan

3804ab1f c57b 444a 8ec3 a473ab7979fb 169 - Mendagri Imbau Korban Gempa Palu Gotong Royong Soal Makanan





Jakarta
Mendagri Tjahjo Kumolo mengimbau korban gempa di Sulawesi Tengah untuk bergotong royong sambil menunggu datangnya bantuan. Warga diharapkan bisa bersama-sama memanfaatkan makanan dan barang-barang kebutuhan yang ada.

“Saya sebagai Mendagri mengimbau bahwa yang tertimpa musibah di Sulawesi Tengah itu semuanya mari kita bergotong-royong saja, gotong royonglah sama-sama, sambil menunggu bantuan,” kata Tjahjo di Gedung TransMedia, Jakarta Selatan, Minggu (30/9/2018).


Tjahjo sempat berada di Palu sejak Sabtu (29/9). Di sana dia melihat warga tetap bergotong-royong di kondisi yang masih minim.

“Yang bisa dimakan, diminum, mari kita sama-sama. Karena 3 hotel yang saya lihat, hotelnya runtuh tapi yang punya hotel masih berbaik hati, bikin dapur umum walaupun hanya sekadar nasi putih sama supermi, itu kan gotong royong,” ungkapnya.

Tjahjo mengakui pemerintah tidak bisa memaksa korban gempa untuk bersabar. Soal kabar penjarahan di Palu, dia menyebut itu akibat warga ingin lebih dahulu mendapat bantuan.

“Namanya orang butuh bantuan di mana-mana pasti rebutan, ingin mendapatkan lebih dahulu karena bantuan kan nggak mungkin serentak, ini kan bertahap masuk. Tapi kita nggak bisa menyuruh orang sabar, mereka punya bayi, anak kecil, lapar, listrik mati, gelap,” ucap Tjahjo.

(imk/gbr)



Source link