Jonatan Melaju ke Semifinal Korea Terbuka 2018

Di turnamen ini, sektor tunggal putra menjadi tumpuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jonatan Christie menjadi wakil Indonesia pertama yang berhasil lolos ke babak semifinal Korea Terbuka 2018. Peraih medali emas Asian Games 2018 ini di babak perempat final yang digelar Jumat (28/9) mengalahkan pemain Cina Zhao Junpeng dua gim langsung 21-17, 21-16 dalam waktu 34 menit.

Ini merupakan turnamen ketiga yang dilakoni Jojo usai meraih emas Asian Games 2018. Dalam dua ajang sebelumnya di Jepang dan Cina Terbuka, Jojo tidak mampu berbuat banyak dan terhenti di babak awal.

Kali ini di Korea Terbuka, Jojo yang tahun lalu mampu menembus hingga babak final penampilannya mulai membaik. Meskipun lawan yang dihadapi Jojo yakni Zhao Junpeng adalah pemain non-unggulan dan lolos dari babak kualifikasi, namun Junpeng mampu menumbangkan unggulan pertama Viktor Axelsen.

Menghadapi Junpeng, di gim pertama Jojo selalu unggul 1-1, 5-1, dan 11-5.  Setelah itu lawan sempat mendekat 10-12. Namun akhirnya Jojo menang 21-17. Pada gim kedua  pertandingan agak ketat Jojo tertinggal 10-11 di interval gim kedua. Namun setelah itu Jojo melesat 15-12 dan ahirnya menang 21-16.

Jika pada turnamen lainnya Indonesia selalu bertumpu pada nomor ganda putra, pada kali ini tumpuan justru ada di tunggal putra. Hingga saat ini tiga pemain tunggal yang diturunkan masih bertahan. Tommy Sugiarto dan juara Korea Terbuka tahun lalu, Anthony Sinisuka Ginting, saat berita ini ditulis masih bertanding di perempat final.

Sebaliknya, di ganda putra Indonesia tidak seperti biasanya, kali ini hanya menurunkan satu wakil. Satu-satunya wakil Indonesia sudah tumbang,  yakni Akbar Bintang Cahyono/Mohamad Reza Pahlevi Isfahani.



Source link