Jembatan Kuning Palu: Jadi Kebanggaan RI, Hancur Dihantam Gempa Bumi

b01dd43f 17b5 43fa 9a1c 7f530314c70e 169 - Jembatan Kuning Palu: Jadi Kebanggaan RI, Hancur Dihantam Gempa Bumi





Jakarta
Kota Palu, Sulawesi Tengah punya landmark yang menjadi kebanggan yakni Jembatan Kuning. Jembatan ini menjadi kebanggaan karena merupakan jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia. Namun jembatan tersebut kini hancur dihantam dahsyatnya gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah.

Jembatan Kuning atau yang biasa juga disebut Jembatan Ponulele diresmikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2006 lalu. Jembatan ini menjadi istimewa karena merupakan jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia dan yang ketiga di dunia. Sebelumnya jembatan lengkung sudah ada di Jepang dan Prancis.


Jembatan Kuning ini dibangung sepanjang 300 meter di atas teluk Talise. Jembatan menghubungkan wilayah Palu Barat dan Palu Utara. Selain itu, Jembatan Kuning juga menjadi jalur yang dapat dilalui dari kota Palu menuju Donggala.

Masyarakat setempat maupun wisatawan biasanya menikmati cantiknya momen matahari terbenam atau sunset dari jembatan ini. Tak pelak, Jembatan Kuning menjadi destinasi favorit masyarakat dan wisatawan.

Namun kini jembatan yang jadi kebanggaan warga Palu dan Indonesia itu hancur kena terjangan tsunami yang melanda pada Jumat (28/9). Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan pemukiman yang ada di dekat jembatan juga ikut hancur.

“Kondisi Jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami,” tulis Sutopo di Twitter, seperti dilihat detikcom pada Sabtu (29/9/2018).

Akibat gempa dan tsunami, sebanyak 384 orang meninggal dan ratusan orang terluka. Sementara itu, ribuan bangunan dan fasilitas publik juga ikut hancur.

(nkn/fdn)





Source link