Indonesia bertekad meniadakan kesalahan kontra Vietnam

Selangor, Malaysia  (ANTARA News) – Indonesia bertekad meniadakan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti saat bertanding kontra Vietnam di Grup C Piala U-16 Asia 2018, Senin.

Pelatih timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini menyebut, skuatnya akan berupaya tampil lebih baik agar dapat meraih kemenangan saat bersua India di pertandingan terakhir Grup C pada Kamis (27/9).

“Salah satu yang perlu dievaluasi adalah serangan sayap yang saat menghadapi Vietnam tak berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Fakhri usai memimpin latihan di lapangan Kompleks Kemudahan Kemasyarakatan (3K) SS13, Subang Jaya, Selangor, Malaysia, Selasa.

Dia melanjutkan, Mochamad Yudha dan Amanar Abdillah di sektor sayap kiri-kanan tidak tampil maksimal di laga kontra Vietnam yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Mochamad Yudha sendiri aslinya merupakan seorang bek kiri. Saat berjumpa Vietnam, dia sengaja dinaikkan ke sayap kiri menggantikan Supriadi yang masih belum fit pasca cedera.

“Meski demikian, saya merasa permainan anak-anak secara umum bagus, termasuk penguasaan bola juga baik,” tutur Fakhri.

Soal kedua yang menjadi perhatian Fakhri yaitu para pemainnya beberapa kali tidak tepat dalam mengirimkan umpan. 

Situasi itu dimanfaatkan oleh Vietnam untuk menciptakan peluang-peluang berbahaya.

“Situasi berbahaya muncul dari serangan balik akibat kesalahan yang kami buat. Meski demikian, Vietnam tidak pernah bisa menembus pertahanan kami dengan serangan yang mereka bangun dari awal,” kata Fakhri.

Evaluasi ketiga dari partai melawan Vietnam yakni situasi bola mati yang menghasilkan satu gol bagi Vietnam pada menit ke-31 melalui sepakan bebas Khuat Van Khang. 

Fakhri pun meminta Amiruddin Bagas dan kawan-kawan untuk mewaspadai pelanggaran-pelanggaran di sekitar kotak penalti.

“Catatan-catatan itu akan kami evaluasi agar tak terulang, termasuk transisi dari menyerang ke bertahan,” tutur pelatih asal Aceh tersebut.

Indonesia sendiri hanya membutuhkan satu poin dari pertandingan melawan India, Kamis (27/9), untuk lolos ke perempatfinal Piala U-16 Asia. Laga ini sendiri digelar mulai pukul 20.45 waktu Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini di Grup C, Indonesia berada di puncak klasemen sementara dengan empat poin dari dua pertandingan. Di posisi kedua India menyusul dengan poin yang sama tetapi kalah selisih gol.

Adapun di peringkat ketiga dan keempat bertengger masing-masing Vietnam dan Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga. 

 

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link