China-Vatikan tanda tangani perjanjian penunjukan uskup

Beijing (ANTARA News) – China dan Vatikan telah menandatangani perjanjian sementara tentang penunjukan uskup di Beijing.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Wang Chao dan delegasi Vatikan Antoine Camilleri di Beijing, Sabtu (22/9).

China dan Vatikan akan terus menjaga hubungan dan meningkatkan proses kerja sama bilateral, demikian pernyataan Kemlu China yang dikutip Kantor Berita China Xinhua.

Menlu Vatikan Pietro Parolin baru-baru ini menepis kekhawatiran atas pemisahan gereja Katholik di Asia setelah pemensiunan Uskup Agung Hong Kong Joseph Zen dikait-kaitkan dengan kesepakatan baru dengan Beijing tersebut.

Baca juga: Paus “cinta China” menurut pejabat Vatikan

Vatikan menyatakan bahwa kesepakatan dengan Beijing hanya pada tataran internal gereja seperti penunjukan uskup sehingga tidak berdampak terhadap hubungan diplomatik dengan Taiwan karena Tahta Suci tetap mengakui Taipei melalui hubungan diplomatik yang terjalin selama ini, demikian laporan Kantor Berita Taiwan CNA.

Kesepakatan baru Tahta Suci-Beijing itu tentu membuat Taipei ketar-ketir karena Taiwan terancam kehilangan mitra diplomatik terakhirnya di Eropa.

Editor: Agus Setiawan

Pewarta:
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018



Source link