11 Fakta GWK Bali, Nomor 7 Sukses Bikin Tercengang!

Nama Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali pastinya udah nggak asing lagi buat kamu. Taman budaya megah yang sering disingkat sebagai GWK ini menjadi salah satu ikon pariwisata baru di Pulau Dewata. GWK berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Taman budaya yang berlokasi di sebelah selatan Bali ini punya banyak fakta unik, lho! Kira-kira apa saja fakta GWK Bali yang harus kamu tahu?

Oke, sebelum kamu berencana untuk liburan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini, simak dulu 11 fakta GWK yang mencengangkan di bawah ini.

11 Fakta GWK Bali, Ikon Wisata Baru Kebanggaan Pulau Dewata

  1. Patung GWK Bermakna Mendalam

Fakta GWK Bali Patung Garuda Wisnu Kencana - 11 Fakta GWK Bali, Nomor 7 Sukses Bikin Tercengang!

Ini adalah fakta GWK Bali yang pertama, Sobat Tiket. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana memiliki ikon utama berupa patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai tunggangannya, yaitu Garuda. Nah, kamu tahu nggak kalau ada fakta GWK Bali super menarik di balik perwujudan patung yang luar biasa ini.

Patung GWK Bali ini dibuat sebagai simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Hal tersebut dikarenakan lantaran dalam kepercayaan Hindu yang dianut oleh mayoritas masyarakat di Bali, Dewa Wisnu adalah Dewa Pemelihara Alam Semesta. Selain itu, Garuda melambangkan kebebasan dan pengabdian yang tanpa pamrih.

  1. Karya Seniman I Nyoman Nuarta

Ada fakta GWK Bali yang menarik terkait dengan pembuatan patung berukuran raksasa yang menjadi ikon tempat wisata ini. Nama besar pematung terkenal I Nyoman Nuarta ternyata berperan di balik kemegahan patung GWK yang menjulang di Taman Budaya Wisnu Kencana Bali ini, Sobat Tiket. Maestro seni patung asal Bali ini adalah lulusan Fakultas Seni Rupa ITB dan juga pembuat patung Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya. Luar biasa, kan?

  1. Diresmikan oleh Presiden Jokowi

Patung GWK adalah mahakarya kelas dunia yang jadi kebanggaan Bali, bahkan kebanggaan Indonesia. Nggak heran deh, peresmian patung GWK Bali ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian patung GWK ini dilakukan pada tanggal 22 September 2018. Dalam pidato beliau, Presiden Jokowi bahkan menyebutkan kalau patung GWK pasti bisa bertahan hingga 100 tahun. Wow!

  1. Butuh Waktu 28 Tahun

Fakta GWK Bali Patung Dewa Wisnu - 11 Fakta GWK Bali, Nomor 7 Sukses Bikin Tercengang!

Kamu pasti setuju kalau patung megah di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali adalah mahakarya kelas dunia. Namun, percaya nggak, GWK sudah dirintis sejak 28 tahun yang lalu saat I Nyoman Nuarta masih muda, Sobat Tiket. Fakta GWK Bali yang satu ini tentu mencengangkan karena bisa dibayangkan betapa rumit dan kompleksnya proses pembangunan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Izin pembangunan GWK sendiri didapatkan oleh I Nyoman Nuarta dari Presiden Soeharto pada tahun 1993.

  1. Sulitnya Memasang Sayap Garuda

Fakta GWK Bali yang ke-5 adalah cerita menarik tentang pemasangan sayap Garuda yang dikatakan menjadi salah satu bagian tersulit dalam pengerjaan patung GWK. Sayap Garuda ini membentang 64 meter ke kanan dan kiri. Maka dari itu, pemasangan sayap Garuda di GWK ini harus menunggu cuaca bersahabat dan menghindari momen angin kencang. Kebayang kan gimana sulitnya?

  1. Melibatkan 1.000 Pekerja

Fakta GWK Bali yang ke-6 adalah jumlah fantastis dari pekerja yang berpartisipasi membuat patung Garuda Wisnu Kencana. Pembangunan mahakarya patung GWK Bali ini melibatkan 1.000 pekerja, Sobat Tiket. Total pekerja tersebut dibagi dua wilayah kerja, yaitu 400 pekerja di Bandung, sedangkan yang 600 pekerja lainnya menggarap proyek ini di Pulau Dewata.

  1. Kalahkan Patung Liberty

Patung Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 121 meter. Artinya, tinggi patung GWK ini melebihi patung Liberty di Amerika Serikat yang memiliki tinggi 93 meter. Patung GWK ini menjadi yang tertinggi ke-3 di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. Membanggakan banget, ya?

  1. Dibangun di Atas Lahan Penambangan Kapur Liar

Fakta GWK Bali patung GWK - 11 Fakta GWK Bali, Nomor 7 Sukses Bikin Tercengang!

Ini fakta GWK Bali selanjutnya yang bikin melongo. Tanah di daerah Ungasan Bali banyak yang merupakan hamparan kapur. Begitu pula tanah yang menjadi lokasi dibangunnya patung GWK yang merupakan perbukitan kapur. Lahan tempat dibangunnya GWK ini adalah lahan bekas penambangan kapur liar yang sudah ditinggalkan. Amazing!

  1. Ada Mata Air Abadi

Ini fakta GWK Bali nomor 9. Di area GWK, ada sumber mata air yang dikeramatkan. Penduduk setempat menyebutnya sebagai Pura Somaka Giri. Mata air ini konon nggak pernah kering meskipun sedang musim kemarau. Kubung atau sumber mata air ini sudah ada sejak kawasan tersebut belum dibangun jadi GWK, lho.

Air dari sumber mata air keramat ini nggak boleh dipakai sembarangan. Yang ingin menggunakan air suci ini harus meminta izin dahulu kepada pemangku. Konon, jika kamu punya permintaan atau doa tertentu, doamu akan terkabul jika kamu mendapatkan air dari Pura Somaka Giri.

  1. Banyak Pertunjukan Kesenian

Fakta GWK Bali selanjutnya terkait dengan banyaknya pertunjukan kesenian di taman budaya ini, Sobat Tiket. GWK adalah tujuan wisata yang sangat komplit untuk mengisi liburanmu yang berharga. Di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, banyak pertunjukan kesenian khas Bali yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Kamu bisa melihat pertunjukan Tari Bali di Amfiteater, pertunjukan Kecak Garuda Wisnu, Tari Barong Keris, dan masih banyak lagi. Bikin penasaran, kan?

  1. Sering Digunakan sebagai Lokasi Pre-Wedding
Fakta GWK Bali Prewedding - 11 Fakta GWK Bali, Nomor 7 Sukses Bikin Tercengang!
Source: http://gwkbali.com/

Fakta GWK Bali selanjutnya adalah terkait popularitas taman budaya ini sebagai lokasi pre-wedding. GWK adalah spot yang sangat indah untuk mengambil foto pre-wedding. Keberadaan tebing kapur dan ikon wisata lainnya di GWK pastinya bisa bikin foto pre-wedding yang dihasilkan jadi nggak terlupakan. Nggak cuma itu aja, Taman Garuda Wisnu Kencana juga berlokasi di Bali selatan sehingga dekat dengan berbagai pantai dan tempat wisata lain yang nggak kalah menakjubkan.

Itu tadi 11 fakta GWK Bali yang menjadi salah satu ikon wisata baru di Pulau Dewata, Sobat Tiket. Kalau kamu mau berkunjung juga untuk melihat langsung kemegahan patung GWK Bali yang menjadi patung tertinggi ketiga di dunia ini, pesan tiket masuk GWK Bali langsung di tiket.com.

Baca juga artikel 7 Villa di Bali dengan Private Pool di Bawah 1 Juta kalau kamu ingin memesan penginapan yang hemat saat berada di Pulau Dewata.

Yuk jalan-jalan ke Bali, Sobat Tiket!



Source link